Senin, 06 Mei 2013

laporan praktikum titrasi asam-basa


PEMERINTAH KABUPATEN LAHAT
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LAHAT
SMA NEGERI 4 LAHAT
Akreditasi A
Jalan TanjungPayang Kec. Lahat Telp. 0731-326660/32662
WORKSHEET
   
Hari/tanggal                        :  Rabu, 03 April 2013
Nama Kelompok                :  1. Ade Rizky Amalia
                                               2. Alfira Mutiara
                                               3. Meza Belindiani Azzahra
Kelas                                  : XI IPA 1
Mata Pelajaran                    : Kimia
I.          Judul                    : Larutan Penyangga
II.       Tujuan                  :  
1. Membedakan larutan penyangga dan bukan larutan penyangga berdasarkan percobaan.
2. menjelaskan komponen dan cara kerja larutan penyangga.
3. menentukan pH larutan berdasarkan prinsip kesetimbangan.
4. menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam kehidupan sehari-hari.
III.    Landasan Teori    :
Titrasi adalah suatu cara penentuan kadar suatu larutan dengan menambahkan larutan penguji yang dapat bereaksi dengan larutan, yang ingin ditentukan kadarnya. Larutan penguji disebut “TITRAN” sedangkan larutan yang ingin diuji kadarnya disebut “TITRAT / TITER”.
Titrasi asam basa melibatkan asam maupun basa sebagai titrat ataupun titran. Titrasi asam basa berdasarkan reaksi penetralan. Kadar larutan asam ditentukan dengan menggunakan larutan basa dan sebaliknya.
Titran ditambahkan titer sedikit demi sedikit sampai mencapai keadaan ekuivalen (artinya secara stoikiometri titran dan titrat tepat habis bereaksi). Keadaan ini disebut sebagai “titik ekuivalen”.
Pada saat titik ekuivalent ini maka proses titrasi dihentikan, kemudian kita mencatat volume titrat yang diperlukan untuk mencapai keadaan tersebut. Dengan menggunakan data volume titran, volume dan konsentrasi titrat maka kita bisa menghitung kadar titran.

Minggu, 05 Mei 2013

laporan praktikum hidrolisis garam


PEMERINTAH KABUPATEN LAHAT
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LAHAT
SMA NEGERI 4 LAHAT
Akreditasi A
Jalan TanjungPayang Kec. Lahat Telp. 0731-326660/32662
WORKSHEET
   
Hari/tanggal                        :  Selasa, 03 Mei 2013
Nama Kelompok                :  1. Ade Rizky Amalia
                                               2. Alfira Mutiara
                                               3. Meza Belindiani Azzahra
Kelas                                  : XI IPA 1
Mata Pelajaran                    : Kimia
I.          Judul                    : Hidrolisis Garam
II.       Tujuan                  :  
1. menjelaskan sifat asam-basa larutan garam
2. menjelaskan dan menentukan jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air   melalui percobaan
3. mengukur dan menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis
III.    Landasan Teori    :
Pengertian Hidrolisis
Hidrolisis merupakan istilah yang umum digunakan untuk reaksi zat dengan air (hidrolisis berasal dari kata hydro yang berarti air dan lysis yang berarti penguraian). Menurut konsep ini, komponen garam (kation atau anion) yang berasal dari asam lemah atau basa lemah bereaksi dengan air (terhidrolisis) membentuk ion H3O+ (=H+) atau ion OH-. Hidrolisis kation menghasilkan ion H3O+, sedangkan hidrolisis anion menghasilkan ion OH-.
Sebagaimana kita ketahui bahwa larutan asam direaksikan dengan larutan basa akan membentuk senyawa garam. Jika kita melarutkan suatu garam ke dalam air, maka akan ada dua kemungkinan yang terjadi, yaitu:
·         Ion-ion yang berasal dari asam lemah (misalnya CH3COO–, CN–, dan S2–) atau ion-ion yang berasal dari basa lemah (misalnya NH4+, Fe2+, dan Al3+) akan bereaksi dengan air. Reaksi suatu ion dengan air inilah yang disebut hidrolisis. Berlangsungnya hidrolisis disebabkan adanya kecenderungan ion-ion tersebut untuk membentuk asam atau basa asalnya.
Contoh:
CH3COO + H2O           CH3COOH + OH

NH4+ + H2O         NH4OH + H+

·         Ion-ion yang berasal dari asam kuat (misalnya Cl–, NO3–, dan SO42–) atau ion-ion yang berasal dari basa kuat (misalnya Na+, K+, dan Ca2+) tidak bereaksi dengan air atau tidak terjadi hidrolisis. Hal ini dikarenakan ion-ion tersebut tidak mempunyai kecenderungan untuk membentuk asam atau basa asalnya.
Na+ + H2O              tidak terjadi reaksi
SO42- + H2O    tidak terjadi reaksi

Laporan praktikum larutan penyangga


PEMERINTAH KABUPATEN LAHAT
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LAHAT
SMA NEGERI 4 LAHAT
Akreditasi A
Jalan TanjungPayang Kec. Lahat Telp. 0731-326660/32662
WORKSHEET
   
Hari/tanggal                        :  Selasa, 02 April 2013
Nama Kelompok                :  1. Ade Rizky Amalia
                                               2. Alfira Mutiara
                                               3. Meza Belindiani Azzahra
Kelas                                  : XI IPA 1
Mata Pelajaran                    : Kimia
I.          Judul                    : Larutan Penyangga
II.       Tujuan                  :  
1. Membedakan larutan penyangga dan bukan larutan penyangga berdasarkan percobaan.
2. menjelaskan komponen dan cara kerja larutan penyangga.
3. menentukan pH larutan berdasarkan prinsip kesetimbangan.
4. menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam kehidupan sehari-hari.
III.    Landasan Teori    :
Larutan penyangga atau larutan buffer adalah larutan yang dapat mempertahankan pH tertentu terhadap usaha mengubah pH, seperti penambahan asam, basa, ataupun pengenceran. Dengan kata lain pH larutan penyangga tidak akan berubah walaupun pada larutan tersebut ditambahkan sedikit asam kuat, basa kuat atau larutan tersebut diencerkan.
Larutan penyangga dibedakan atas larutan penyangga asam dan larutan penyangga basa. asam lemah (HA) dengan basa konjugasinya (A–).

basa lemah (B) dengan asam konjugasinya (BH+).


a. Larutan penyangga asam mengandung suatu Contoh:
CH3COOH + NaCH3COO (komponen bufer: CH3COOH dan CH3COO–)
b. Larutan penyangga basa mengandung Contoh:
NH3 + NH4Cl (komponen bufer: NH3 dan NH4+)
Seperti yang telah diketahui dalam menghitung pH larutan, penambahan sedikit asam kuat akan mengubah pH larutan (kecuali larutan penyangga) secara drastis. Tetapi, ada suatu kondisi dimana pH harus dijaga supaya tetap konstan ketika asam atau basa ditambahkan ke dalam larutan.

Jumat, 03 Mei 2013

contoh skenario film pendek sekolah


8 years? Why not!

 created    : Ara-

*kotak musik
Didalam kamar sedang santai
Nasya        : (main laptop)

*suara bunda (nasyaaaa, ayo makan dulu!)
 nasya         :  "( melirik pintu kemudian mematikan laptop ) iyaaa bunda .."

Didapur, ayah bunda dan kakak telah duduk.
Nasya masuk dan duduk di meja makan

Eno’          : "(menunjuk nasya dengan dagu) ini ni anaknya datang."
Ayah         : "(makan, sambil melirik nasya ) lagi ngapain nas di kamar ?"
Nasya        : "(sambil membenarkan posisi duduk) ngerjain tugas yah, tugas sekolah nasya banyak banget."
Bunda       : namanya masih sekolah, ya wajar aja sayang kalo banyak tugas. (memberikan piring ke nasya)
Eno            : baru gitu aja udah ngeluh, kuliah lebih banyak lagi tugasnyaa .
Nasya        : mm, iya iyadeh. Eh bun, bsk sore nasya bole keluar ga ? temen nasya bikin acara gitu. Bole ya bun ?
Bunda       : besok sore sahabat ayahmu datang dari Jakarta, bunda sama ayah besok ada kerjaan. Jadi kamu jemput mereka di stasiun yaa. Acara temenmu kapan* aja, paling juga kalian Cuma ngbrol* doang.
Nasya        : tapi bunn, knpa ga kak eno’ aja sih ?
Eno’          : besok aku ada ujian, jadi ga bisa.
Ayah         : udahla nas,sekali ini aja kok.
Nasya        : tapi yah ..
Bunda       : besok jam 3 sore jangan telat kamu jemputnya, kasian mereka kalo lama   nunggunya. Namanya om heru, dia datang sama anaknya rangga. Jangan sampe lupa.


*stasiun
Nasya celingukan mencari om heru dan rangga.
setelah beberapa jam menuggu, hingga stasiun sepi barulah rangga dan om heru terlihat.
Nasya duduk sambil melihat i jam tangan.
Om heru    : nasya ?
Nasya        : (menoleh) yaa ?
Om heru    : kamu nasya anaknya pak susanto kan ? (menunjuk ke nasya)
Nasya        : eh iyaa, om heru ya ? (ragu-ragu)
Om heru    : iyaaa, yaampun om tungguin dari tadi disana. (memukul pundak nasya dengan akrab)
Nasya        : hhe maaf om (bersaliman). Nasya dari tadi ngguin di sini, ( melirik ke belakang om heru dan mengulurkan tangan) rangga kan ?
Rangga      : (tak tertarik dan menyabut tangan nasya secara dingin tanpa berkata apa*)
Om heru    : dia biasa begitu, ayo kita pulang ke rumahmuu, om tak sabar bertemu ayah dan bundamu.
*dirumah  
Ayah         : heruuu (membuka kedua tangan) apa kabarmu ?
Om heru    : susanto, tambah ganteng aja kamu. Aku baik (merangkul pundak ayah)
Bunda       : (senyum) ayo masuk pak heru, (melihat rangga) rangga udah besar yaa. Masuk yuk.

*nasya masuk rumah dan masuk kekamar.
Merebahkan diri di tempat tidur dan menutup mata.

Rabu, 13 Februari 2013

Resensi Matilda

Sang Malang yang Jenius
 Judul              : Matilda
Pengarang       : Roald Dahl
Penerjemah      : Agus Setiadi

Ilustrasi           : Quentin Blake

Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama
Tahun              : 1991
, cetakan keenam 2010
Genre              : Novel Anak

Ukuran                        : 13.5 x 20 cm
Tebal               : 261 Halaman
ISBN               :
978-979-511-167-2
Resensator       : Ade Rizky Amalia


Mengagumkan, itulah kata yang akan kita ucapkan ketika membaca novel Matilda karya Roald Dahl yang diterbitkan pertama kali tahun 1991 ini . novel dengan alur maju ini memiliki imajinasi luar biasa. walaupun dengan jenis novel anak, akan tetapi tak sedikit orang dewasa yang juga menyukainya. Roald Dahl merupakan seorang pengarang ternama keturunan Norwegia yang lahir di Wales, Inggris. Selain menulis, Roald Dahl juga merupakan seorang atlet alamiah, pilot ulung Angkatan Udara Inggris (RAF) pada masa PD II, dan fotografer yang berbakat.
            Novel Roald Dahl kali ini menceritakan tentang kehidupan seorang anak yang jenius. Sebagian orang tua mungkin menganggap anak adalah anugerah terindah, tapi tidak termasuk dengan Mr. dan Mrs. Wormwood dalam novel ini. mereka bahkan menganggap anak mereka seperti ketombe yang menggangu dan menjijikan. Matilda, bocah perempuan malang yang hobinya membaca, tapi sayangnya ia tidak pernah mendapatkan perhatian orang tuanya. bahkan orang tuanya tidak pernah tahu kalau anaknya telah melahap buku-buku karya pengarang terkenal seperti Charles Dickens, Voltaire, Ernest Hemingway, Rudyard Kliping, Tagori, Shakespiere yang sudah dibacanya saat umurnya belum genap 5 tahun. Kurangnya perhatian orang tuanya ini menyebabkan Matilda terlambat masuk sekolah .

sinopsis Naruto Eps 001

12 Tahun setelah Kyuubi menyerang Konoha, tersebutlah seorang anak bernama Uzumaki Naruto yang selalu membuat onar di desanya. Naruto melakukan itu agar dia ingin mendapatkan perhatian dari penduduk desa. Naruto adalah anak yatim piatu dan dari kecil dia tidak pernah mendapatkan kasih sayang dari orangtuanya. Naruto mengatakan pada gurunya Umino Iruka bahwa suatu hari nanti dia akan menjadi Hokage dan penduduk desa akan mengakuinya. Ketika Naruto mengikuti Tes Kelulusan Akademi Ninja, Naruto gagal. Karena Naruto gagal dalam tes itu Naruto duduk termenung dan salah satu instrukturnya, Mizuki menemukan Naruto dan berbicara dengan Naruto. Mizuki akhirnya meminta Naruto untuk mencuri Scroll of Seal (Gulungan Penyegel/Gulungan Rahasia) milik dari Hokage Pertama. Setelah Naruto berhasil mencuri Gulungan Rahasia, Naruto pergi ke tempat yang ditentukan sebelumnya oleh Mizuki. Karena ingin tahu, Naruto membuka gulungan rahasia itu, dan Naruto berhasil mempelajari Jurus Seribu Bayangan. Iruka akhirnya menemukan Naruto dan dan bertemu dengan Mizuki. Setelah mengetahui Naruto ditipu, Naruto menolak untuk memberikan gulungan rahasia pada Mizuki. Dan terjadilah pertarungan. Naruto hampir terbunuh, tapi diselamatkan oleh gurunya Iruka. Akhirnya orang pertama yang mengakui Naruto adalah gurunya, Umino Iruka. Iruka hampir terbunuh oleh Mizuki, tapi diselamatkan oleh Naruto. Naruto akhirnya bertarung dengan Mizuki dan hasilnya Naruto mengalahkannya dengan menggunakan Jurus Seribu Bayangan (Kage Bunshin no Jutsu). Karena kagum dan bangga kepada Naruto, gurunya Iruka resmi membuat Naruto menjadi Ninja. Sebagai tanda kelulusan, Iruka memberikan Naruto pelindung dahinya.

sumber: http://naruto4forever.blogspot.com/2012/09/sinopsis-naruto-naruto-episode-001.html