Recook Resep Dimsum Ayam Udang


---------------------------- DIMSUM AYAM UDANG --------------------------------

Berhubung ini minggu ke-5 saya work from home dan menjalani hidup karantina, saya memutuskan untuk membuka blog kembali sebagai cara agar tetap waras menjalani hidup. Memiliki lebih banyak waktu dirumah membuat saya mengerjakan hal-hal yang mungkin akan sulit saya kerjakan ketika keadaan kembali normal aka kerja ke kantor, merantau, dan jadi anak kost lagi. Agar lebih produktif lagi ditengah pandemi ini saya memutuskan untuk mencoba berbagai resep masakan dari youtube. Jangan tanya skill karena saya jarang sekali masak hahaha, tapi resep dimsum ini anti gagal guys! buatnya gampang dan enak. hitung-hitung mengisi waktu luang dirumah kan, karena #dirumahaja butuh lebih banyak makanan dari biasanya. Resep ini saya dapatkan dari youtube dengan sedikit modifikasi *uhuy wkwk ennnn here we go!

Bahan :

kulit dimsum (saya pakai kulit lumpia FINNA yang plain, di supermarket banyak guys)
300-500gr daging ayam dihaluskan
250gr udang cincang kasar
1 batang daun bawang
1 batang daun sop
1 buah wortel
2 sdm saori saus tiram
100gr tepung tapioka
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 sdt lada bubuk
1 sdt garam
1 sdt gula
1/4 sdt baking soda/soda kue
2 sdm minyak goreng

Cara :
siapkan dahulu bahan bahan yang akan dicampur
1. iris halus daun bawang dan daun sop
2. parut wortel, pisahkan menjadi 3/4 dan 1/4 (untuk topping)
3. giling halus bawang putih dan bawang merah *jadi inget sinetron ga si wkwk
4. campurkan daging ayam yang sudah dihaluskan (bisa pakai blender atau giling manual pake gilingan cabe juga bisa) dan daging udang, masukkan irisan daun bawang dan daun sop, 3/4 parutan wortel, dan tepung tapioka, aduk hingga merata
5. masukkan 2 sdm saori saus tiram, lada bubuk, bawang yang sudah halus, garam, gula, minyak goreng dan soda kue (soda kue ini mau diskip juga boleh, tapi lebih baik pakai biar dimsumnya mengembang)
6. aduk semua adonan dimsum sampai merata
7. siapkan kulit dimsum, step terakhir tinggal masukin adonan ke kulit dimsum dan bentuk sesuka hati tambahkan parutan wortel diatasnya as topping biar cantik aja si
8. kukus dimsum dengan api sedang selama 10-15 menit.
9. selesai~~~ tinggal dilahap dengan saus kesukaan kalian, kalau saya pakai saus bangkok atau mau bikin saus sendiri juga bisa tinggal cari di youtube tutorialnya wkwk. kalau kalian tim goreng, tinggal digoreng aja dimsumnya, lebih enakk.

sekiannn dan terima kasihhhh. stay safe & stay healty dimanapun berada! jangan lupa banyakin kegiatan meskipun #dirumahaja biar tetap waras selama karantina. semoga pandemi ini lekas pergi dari indonesia dan dunia ini. Aamiin yarabbalalamin.


Komentar

Postingan Populer